Selasa, 04 Desember 2012

PENETAPAN HARGA PRODUK (Strategi Penetapan Harga)



Strategi penetapan harga baruan produk
Strategi untuk menetapkan harga produk sering berubah ketika produk itu menjadi bagian dari baruan produk. Dalam kasus ini, perusahaan mencari sekumpulan harga yang memaksimalkan laba dari total baruan produk. Penetapan harga sulit dilakukan karena berbagi produk mempunya permintaan dan biaya yang berhubungan dan menghadapi derajat kompetisi yang berbeda.




strategi
deskripsi
Penetapan harga lini produk
Menetapkan jenjang diantara barang barang diantara lini produk
Penetapan harga produk tambahan
Menetapkan harga produk tambahan atau pelengkap yang dijual beserta produk utama
Penetapan harga produk terikat
Menetapkan harga produk yang harus digunakan bersama produk utama
Penetapan harga produk sampingan
Menetapkan harga rendah pada produk sampingan untuk menyingkirkan mereka
Penetapan harga paket produk
Menetapkan harga untuk paket produk yang dijual bersama



Strategi penyesuaian harga
Perusahaan biasanya menyesuaikan harga dasar mereka dengan memperhitungkan berbagai perbedaan pelanggan dan situasi.

strategi
Deskripsi
Penetapan harga diskon dan potongan harga
Mengurangi harga untuk menghargai respons pelanggan seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk
Penetapan harga tersegmentasi
Menyesuaikan harga untuk memungkinkan adanya perbedaan dalam pelanggan, produk, atau lokasi
Penetapan harga psikologis
Menyesuaikan harga untuk pengaruh psikologis
Penetapan harga promosi
Mengurangi harga untuk sementara guna meningkatkan penjualan jangka pendek
Penetapan harga geografis
Menyesuaikan harga untuk memperhitungkan lokasi geografis pelanggan
Penetapan harga dinamis
Menyesuaikan harga terus menerus untuk memenuhi karakteristik dan kebutuhan pelanggan individual dan situasi tertentu
Penetapan harga internasional
Menyesuaikan harga untuk pasar internasional


Perubahan harga
Setelah mengembangkan struktur dan strategi penetapan harga mereka, perusahaan sering menghadapi situasi dimana mereka harus melakukan perubahaan harga atau merespon perubahaan harga yang dilakukan pesaing.


Memulai perubahaan harga
dalam beberapa kasus, perusahaan mungkin memerlukan bahwa mereka perlu melakukan pemotongan harga atau peningkatan harga. Dalam kedua kasus tersebut, perusahaan harus mengantisipasi reaksi pembeli dan reaksi pesaing yang mungkin terjadi.

Memulai pemotongan harga
Dalam beberapa situasi bisa membuat perusahaan mempertimbangkan pemotongan harganya. Salah satu situasi semacam itu adalah kelebihan kapasitas. Situasi lainnya adalah tutunnya permintaan dalam menghadapi persaingan harga yang kuat. Dalam kasus tersebut, perusahaan dapat memotong harga secara agresif untuk mendororng penjualan dan pangsa.
Perusahaan juga bisa memotong harga dalam usahanya untuk mendominasi pasar melalui biaya yang lebih rendah. Baik perusahaan memulai dengan biaya yang lebih rendah daripada pesaingnya, atau perusahaan memotomg harga dengan harapan meraih pangsa pasar yang selanjutnya menurunkan biaya untuk volume yang lebih besar.

Memulai kenaikan harga
Peningkatan harga yang berhasil sangat meningkatkan laba. Misalnya jika margin laba perusahaan adalah sebesar 3 persen penjualan, 1 persen peningkatan harga akan mengurangi laba perusahaan dalam jjangka pendek. Beberapa peusahaan mungkin mengurangi kualitas produk, pelayanan, dan komuikasi pemasaran mereka untuk memperoleh margin laba, tetapi hal ini akan melukai pangsa pasa dalam jangka panjang. Perusahaan harus mempertahankan kualitasnya ketika menurunkan harganya.
Perusahaan memperbaiki kualitas dan menaikan harga, menggerakkan mereknya ke posisi nilai harag yang lebih tinggi. Kualitas yang lebih tinggi menciptakan nilai pelangggan yang lebih besar, yang member alas an bagi harga yang lebih tinggi. Sebaliknya, harga yang lebih tinggi mempertahankan margin perusahaan yang lebih tinggi pula.



Kebijakan publik dan penetapan harga
Persaingan harga adalah elemen inti dalam ekonomi pasar bebas kita. Dalam menetapkan harga, perusahaan biasanya tidak bebas menetapkan harga beberapapun yang mereka inginkan.

Penetpan harga di dalam tingkat saluran
Peraturan federal tentang pengaturan harga (price-fixing) menyatakan bahwa penjual harus menetapkan harga tanpa berbicarakepada pesaing. Jika tidak, prnjual itu dicurigai melakukan kolusi harga. Pengaturan harga dengan sendirinya dianggap illegal, artinya pemerintah tidak menerima alasan apapun untuk pengaturan harga.

Penetapan harga lintas tingkat saluran
Perusahaan berusaha mencegah deskriminasi harga dengan memastikan penjual menawarkan persyaratan harga yang sama kepada pelanggan pada tingkat perdagangan tertentu. Biaya yang dikenakan di distributr yang besar lebih rendah dari pada dijual kepada eceran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar