Strategi
penetapan harga baruan produk
Strategi
untuk menetapkan harga produk sering berubah ketika produk itu menjadi bagian
dari baruan produk. Dalam kasus ini, perusahaan mencari sekumpulan harga yang
memaksimalkan laba dari total baruan produk. Penetapan harga sulit dilakukan
karena berbagi produk mempunya permintaan dan biaya yang berhubungan dan
menghadapi derajat kompetisi yang berbeda.
strategi
|
deskripsi
|
Penetapan harga lini produk
|
Menetapkan jenjang diantara
barang barang diantara lini produk
|
Penetapan harga produk tambahan
|
Menetapkan harga produk tambahan
atau pelengkap yang dijual beserta produk utama
|
Penetapan harga produk terikat
|
Menetapkan harga produk yang
harus digunakan bersama produk utama
|
Penetapan harga produk sampingan
|
Menetapkan harga rendah pada
produk sampingan untuk menyingkirkan mereka
|
Penetapan harga paket produk
|
Menetapkan harga untuk paket
produk yang dijual bersama
|
Perusahaan
biasanya menyesuaikan harga dasar mereka dengan memperhitungkan berbagai
perbedaan pelanggan dan situasi.
strategi
|
Deskripsi
|
Penetapan harga diskon dan
potongan harga
|
Mengurangi harga untuk menghargai
respons pelanggan seperti membayar lebih awal atau mempromosikan produk
|
Penetapan harga tersegmentasi
|
Menyesuaikan harga untuk
memungkinkan adanya perbedaan dalam pelanggan, produk, atau lokasi
|
Penetapan harga psikologis
|
Menyesuaikan harga untuk pengaruh
psikologis
|
Penetapan harga promosi
|
Mengurangi harga untuk sementara
guna meningkatkan penjualan jangka pendek
|
Penetapan harga geografis
|
Menyesuaikan harga untuk
memperhitungkan lokasi geografis pelanggan
|
Penetapan harga dinamis
|
Menyesuaikan harga terus menerus
untuk memenuhi karakteristik dan kebutuhan pelanggan individual dan situasi
tertentu
|
Penetapan harga internasional
|
Menyesuaikan harga untuk pasar internasional
|
Perubahan harga
Setelah
mengembangkan struktur dan strategi penetapan harga mereka, perusahaan sering
menghadapi situasi dimana mereka harus melakukan perubahaan harga atau merespon
perubahaan harga yang dilakukan pesaing.
Memulai perubahaan
harga
dalam
beberapa kasus, perusahaan mungkin memerlukan bahwa mereka perlu melakukan
pemotongan harga atau peningkatan harga. Dalam kedua kasus tersebut, perusahaan
harus mengantisipasi reaksi pembeli dan reaksi pesaing yang mungkin terjadi.
Memulai
pemotongan harga
Dalam
beberapa situasi bisa membuat perusahaan mempertimbangkan pemotongan harganya.
Salah satu situasi semacam itu adalah kelebihan kapasitas. Situasi lainnya
adalah tutunnya permintaan dalam menghadapi persaingan harga yang kuat. Dalam
kasus tersebut, perusahaan dapat memotong harga secara agresif untuk mendororng
penjualan dan pangsa.
Perusahaan
juga bisa memotong harga dalam usahanya untuk mendominasi pasar melalui biaya
yang lebih rendah. Baik perusahaan memulai dengan biaya yang lebih rendah
daripada pesaingnya, atau perusahaan memotomg harga dengan harapan meraih
pangsa pasar yang selanjutnya menurunkan biaya untuk volume yang lebih besar.
Memulai
kenaikan harga
Peningkatan
harga yang berhasil sangat meningkatkan laba. Misalnya jika margin laba
perusahaan adalah sebesar 3 persen penjualan, 1 persen peningkatan harga akan
mengurangi laba perusahaan dalam jjangka pendek. Beberapa peusahaan mungkin
mengurangi kualitas produk, pelayanan, dan komuikasi pemasaran mereka untuk
memperoleh margin laba, tetapi hal ini akan melukai pangsa pasa dalam jangka
panjang. Perusahaan harus mempertahankan kualitasnya ketika menurunkan
harganya.
Perusahaan
memperbaiki kualitas dan menaikan harga, menggerakkan mereknya ke posisi nilai
harag yang lebih tinggi. Kualitas yang lebih tinggi menciptakan nilai pelangggan
yang lebih besar, yang member alas an bagi harga yang lebih tinggi. Sebaliknya,
harga yang lebih tinggi mempertahankan margin perusahaan yang lebih tinggi
pula.
Kebijakan publik dan penetapan
harga
Persaingan
harga adalah elemen inti dalam ekonomi pasar bebas kita. Dalam menetapkan
harga, perusahaan biasanya tidak bebas menetapkan harga beberapapun yang mereka
inginkan.
Penetpan harga di dalam tingkat saluran
Peraturan federal tentang pengaturan harga (price-fixing)
menyatakan bahwa penjual harus menetapkan harga tanpa berbicarakepada pesaing.
Jika tidak, prnjual itu dicurigai melakukan kolusi harga. Pengaturan harga
dengan sendirinya dianggap illegal, artinya pemerintah tidak menerima alasan
apapun untuk pengaturan harga.
Penetapan harga lintas tingkat saluran
Perusahaan berusaha mencegah
deskriminasi harga dengan memastikan penjual menawarkan persyaratan harga yang
sama kepada pelanggan pada tingkat perdagangan tertentu. Biaya yang dikenakan
di distributr yang besar lebih rendah dari pada dijual kepada eceran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar